Kausalitas Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Klinik Ladira Jakarta

Main Article Content

Aloysius Vito Christantyo
Rusli Ginting Munthe

Abstract

Setelah pandemi pelayanan homecare yang diberikan oleh klinik menjadi trend yang relevan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Klinik Ladira merupakan klinik yang berfokus pada layanan homecare, tentunya kinerja Klinik Ladira secara organisasi keseluruhan dipengaruhi oleh orang – orang yang bekerja di dalamnya, terlebih Klinik Ladira merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang jasa. Namun pada kenyataannya sering kali karyawan di Klinik Ladira tidak memberikan kinerja secara optimal dan tentunya hal ini menjadi sesuatu yang urgent dan perlu segera dibenahi. Berdasarkan penelitian sebelumnya diketahui bahwa kinerja dipengaruhi paling besar oleh motivasi. Sehingga dalam penelitian ini diasumsikan bahwa motivasi yang baik akan meningkatkan (mendongkrak) kinerja para karyawan. Penelitian ini adalah merupakan penelitian kuantitatif, pengambilan data primer dilakukan secara menyebar kuesioner kepada para karyawan Klinik Ladira dan sebanyak 55 kuesioner semuanya dinilai layak untuk diolah lebih lanjut dan hasilnya menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh terhadap kinerja sebesar 75,8%.

Article Details

How to Cite
Christantyo, A. V., & Ginting Munthe, R. (2023). Kausalitas Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Klinik Ladira Jakarta. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 1(03), 132–139. https://doi.org/10.58812/smb.v1i03.141
Section
Articles

References

Ahdori, A. R. (2020). Hari Kesehatan, Masyarakat Didorong Peduli Kondisi Kesehatan di Masa Pandemi. https://nu.or.id/nasional/hari-kesehatan-masyarakat-didorong-peduli-kondisi-kesehatan-di-masa-pandemi-nEm7G

Alam, I. A., & Nurhalimah, T. P. A. (2021). Pengaruh Disiplin Motivasi Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pasda Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kalianda.

Edison, A. A. (2016). Perancangan Pengukuran Kinerja Dengan Metode Balanced Scorecard Dan Penentuan Prioritas Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus Pada PT. Andromeda Galacticorp Surabaya). Universitas Airlangga.

Febriyani, C. (2022). Tren Pasca Pandemi: Masyarakat Lebih Pilih Berobat ke Klinik daripada Rumah Sakit. https://www.industry.co.id/read/108935/tren-pasca-pandemi-masyarakat-lebih-pilih-berobat-ke-klinik-daripada-rumah-sakit

Felicia, L., & Utari, R. (2023). Home Care. https://www.sehatq.com/tindakan-medis/home-care

Hidayat, R. (2021). Pengaruh motivasi, kompetensi dan disiplin kerja terhadap kinerja. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 5(1), 16–23.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2005). Perilaku dan budaya organisasi.

Purwatmini, N., & Touana, H. (2019). Penerapan Motivasi Alderfer (ERG) Menggunakan Model Kepemimpinan Transaksional Dan Transformasional, Guna Meningkatkan Produktivitas Pekerja Umkm. EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 7(2), 31–39.

Robbins, S. P., & Judge, T. (2009). Organizational behavior. Pearson South Africa.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). CV Alfabeta.

Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Andi Offset.

Umar, H. (2007). Risert penelitian Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.