Proses Monitoring Pasca Pengadaan Bahan Konstruksi PT Adhi Karya Persero Tbk. Surakarta

Main Article Content

Yuni Listiani

Abstract

PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Surakarta merupakan perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi. Dalam proses pasca pengadaan bahan konstruksi, PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Surakarta kesulitan dalam melacak dan memantau pengiriman material, serta kurangnya transparansi dalam pembayaran material. Maka, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis permasalahan yang ada dan memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan, serta menyediakan laporan untuk pencatatan proses pasca pengadaan dengan valid untuk mengontrol laporan ekspedisi material secara berkala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan anggota yang bersangkutan, observasi, dan analisis dokumen seperti kebijakan dan prosedur terkait monitoring barang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa masalah dan kendala dalam proses pasca pengadaan, dan permasalahan dapat diatasi dengan mengimplementasikan sistem monitoring yang terstruktur. Diperlukan penggunaan spreadsheet yang dapat memudahkan pencatatan dan pemantauan pengiriman, penerimaan dan pembayaran bahan konstruksi. Maka, melalui monitoring pasca pengadaan dapat memantau pergerakan barang secara teratur mulai dari pengiriman sampai dengan pembayaran, serta dapat segera mengidentifikasi masalah dan kendala dalam proses pasca pengadaan.

Article Details

How to Cite
Listiani, Y. (2023). Proses Monitoring Pasca Pengadaan Bahan Konstruksi PT Adhi Karya Persero Tbk. Surakarta . Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 1(03), 192–196. https://doi.org/10.58812/smb.v1i03.162
Section
Articles

References

Ambarwati, R., & Supardi. (2020). Buku Ajar Manajemen Operasional Dan.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.

Limbong, I., Tjakra, J., Tarore, H., & Walangitan, D. R. O. (2013). Manajemen Pengadaan Material Bangunan dengan Menggunakan Metode MRP (Material Requirement Planning). Jurnal Sipil Statik, 1(6), 421–429.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 102–107.

Nugroho, A., & Septafianti, dan N. (2017). Aplikasi Monitoring Pengadaan Barang/Jasa Pada Direktorat Penilaian Keamanan Pangan Badan POM RI. Format, 6(2), 39–55. https://media.neliti.com/media/publications/224668-aplikasi-monitoring-pengadaan-barang-jas-03d48d5e.pdf

O’Brien, W. J., Formoso, C. T., Ruben, V., & London, K. (2008). Construction supply chain management handbook. CRC press.

Pujawan, I. N., & Mahendrawathi. (2022). Manajemen Rantai Pasok: Konsep, Strategi, Kasus, dan Implementasi di Indonesia. Guna Widya.

Utama, T. W. W. (2018). Dasar-Dasar Manajemen Proyek Dan Pengendalian Proyek. Pelatihan Pejabat Inti Satuan Kerja (PISK), 758, 356. https://simantu.pu.go.id/