Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Game Dolphin Math Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Main Article Content

Eni Sholikhatun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatka hasil belajar matematika pada KD 3.3 tentang penaksiran. Hasil belajar matematika pada tahun pelajaran sebelumnya menunjukkan bahwa 66,67% siswa kelas IV mendapatkan kriteria rendah. Keadaan tersebut ditambah dengan pembelajaran pada masa Pandemi Covid-19 menuntut guru kelas untuk meningkatkan strategi pembelajaran dengan memanfaatkan model pembalajaran yang inovatif. Model Pembelajaran Berbasis Game adalah pembelajaran yang menggunakan permaianan atau game digital untuk tujuan pembelajaran. Model ini diterapkan oleh pendidik ketika ingin membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif serta kemampuan bekerja sama dalam pembelajaran yang menyenangkan. Dolphin Math merupakan game digital dengan materi penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian yang dikemas dengan tampilan menarik. Kegiatan Penelitian ini dilaksanakan selama dua kali pertemuan tetap muka terbatas pada tanggal 9 dan 16 November 2021. Hasil pelaksanaan Penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa mulai dari rata-rata nilai awal 50,31 menjadi 66,75 pada pertemuan I dan menjadi 75,89 pada pertemuan II. Simpulan kegiatan Penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis game dolphin math dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

Article Details

How to Cite
Sholikhatun, E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Game Dolphin Math Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 45–55. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.108
Section
Articles

References

Admin. (2020). Pembelajaran Berbasis Game Based Learning. https://geografi.ums.ac.id/id/2020/11/15/pembelajaran-berbasis-game-based-learning/

Halimah, L., & Atif, N. F. (2017). Keterampilan mengajar sebagai inspirasi untuk menjadi guru yang excellent di Abad ke-21.

Indonesia, R. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud, P. (2020). Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR Yang Memanfaatkan Rumah Belajar. Pusat Data Informasi dan Teknologi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Presetyo, I. (2019). Dolphin Math. https://m-edukasi.kemdikbud.go.id/medukasi/?m1=lomba&produksi=2019&kd=ME19LOMUGE24